fbpx

Kompetisi #KutipanStorial, Bisa Pilih Merchandise Favoritmu!

Hai, Storialis!

Kamu pernah baca buku, lalu menemukan kata-kata yang menarik atau menyentuh dari buku yang kamu baca? Kemudian, kamu tandai kata-kata tersebut untuk  dijadikan status di stories Instagram-mu buat kodein gebetan? Atau malah, kata-katanya kamu gunakan untuk nulis caption saat lagi bingung bikin update-an di Instagram?

Sekarang kamu bisa membagikan quotes yang kamu suka ke media sosial dan dapatin hadiah menarik, dengan ikutan kompetisi #KutipanStorial!

#KutipanStorial adalah kompetisi membagikan kutipan cerita yang kamu suka baca di Storial melalui media sosial untuk mendapatkan merchandise official Storial.co yang bisa dipilih oleh pemenang di akhir periode.

Selain untuk meningkatkan minat baca dan mendukung kreativitas pembaca dalam membuat design kutipan, juga sebagai bagian dari bentuk apresiasi cerita yang kamu baca.

Apa Aja sih Merchandise-nya?

Kamu bisa dapat tote bag, kaos, dan notes Storial.co Read More…

Pemenang Kompetisi Novel #NulisSukaSuka 2019

Di bulan Mei 2019 lalu, Storial dan Nulisbuku telah mengadakan kompetisi nulis novel selama satu bulan dengan tema #NulisSukaSuka. Setelah kompetisi berakihr, kami menerima naskah sebanyak 2321.

Namun, hanya terpilih tiga pemenang utama, serta dua pemenang lainnya dengan kategori novel favorit dan cover favorit. Berikut nama-nama pemenang yang berhasil memenuhi syarat dan ketentuan, serta memiliki cerita yang menarik perhatian dewan juri.

Juara 1: A Little Dangerous Things Called Love karya Handi Namire

Juara 2: Surreal karya Hanny W. Elsa

Juara 3: Kallem karya marcelyna y

Novel Favorit: Heat a Storm karya ANNIE GREEN

Cover Favorit: Wid Vergo dan Cinta yang Superbego karya Kim Hakimi

Selamat kepada para pemenang kompetisi #NulisSukaSuka 2019!

Buat kamu yang belum menang dalam kompetisi kali ini, kamu masih bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah di kompetisi berikutnya. Di bulan Juli ini, ada kompetisi #HijrahHati dengan hadiah umrah dan jutaan rupiah yang bisa kamu dapatkan. Untuk info lengkap langsung klik link berikut: Hirah Hati.

Inilah Pemenang Kompetisi Novel #HappyGirl 2019!

Di bulan April 2019 lalu, Storial dan Nulisbuku telah mengadakan kompetisi nulis novel selama satu bulan dengan tema #HappyGirl. Sekitar 1400-an nakash telah kami terima.

Namun, hanya terpilih tiga pemenang utama, serta dua pemenang lainnya dengan kategori novel favorit dan cover favorit. Berikut nama-nama pemenang yang berhasil memenuhi syarat dan ketentuan, serta memiliki cerita yang menarik perhatian dewan juri.

Juara 1: Problematika Uang Kuliah dan Bagaimana Mengatasinya Dengan Cara Menjual Jin – Octa

Juara 2: Dancing on The Edge – Belindch

Juara 3: Dice Roll – Nisa Rahmah

Novel Favorit: All of Her Stars are Burning – Sayyidatul Imamah

Cover Favorit: Uninstall The Expectation – Nadia Atmaji

Selamat kepada para pemenang kompetisi #HappyGirl 2019!

Buat kamu yang belum menang dalam kompetisi kali ini, kamu masih bisa berkesempatan untuk menang di kompetisi berikutnya. Di bulan Juni ini, ada kompetisi #SaatnyaLiburan dengan hadiah yang nggak kalah menarik. Untuk info lengkap langsung klik link berikut: bit.ly/saatnyaliburanstorial.

 

Tiga Cara Menulis #UlasanStorial Buat Dapetin #THRStorial

Mau dapetin #THRStorial dengan nulis ulasan di Storial.co? Tapi, bingung gimana cara nulis ulasan yang baik? Simak tiga cara menulis ulasan di Storial.co supaya kamu bisa dapetin #THRStorial.

1. Pilih cerita yang kamu suka

Sebelum membuat ulasan, kamu pilih cerita yang mau kamu baca. Pastikan sebelum membaca, cari cerita yang bikin kamu penasaran dan kamu suka, sehingga kamu bisa membaca hingga selesai. Jangan memaksakan diri kamu untuk mengulas cerita yang nggak bisa kamu nikmati saat membaca. Membaca cerita yang nggak kamu senangi akan membuat kamu lama ketika menyelesaikan ceritamu.

2. Mulai mengulas

Mulailah mengulas cerita yang kamu baca. Apa saja yang bisa kamu ulas? Kamu bisa mulai dengan menulis bagian yang kamu suka dan alasan logis mengapa kamu menyukai cerita tersebut.

Selain menulis hal yang kamu suka, kamu juga bisa menulis kekurangan atau hal yang tidak kamu suka dari cerita tersebut. Jika kamu tidak menemukan kekurang dari buku tersebut, bukan berarti kamu harus mencari-cari kesalahan agar cerita yang kamu baca memiliki kekurangan.

Ketika menulis ulasan, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan seperti tema cerita, penokohan, alur cerita, konflik, gaya penceritaan, pemilihan diksi, sudut pandang, hingga latar cerita. Kamu bisa jadikan hal tersebut dalam menilai kelebihaan atau kekurangan cerita yang kamu baca.

3. Gunakan gaya bahasa sendiri

Ketika membuat ulasan, gunakanlah gaya bahasamu sendiri agar mudah dipahami pembaca. Usahakan ketika membuat ulasan gunakan kata-kata yang sopan.

Kalau kamu tidak menyukai cerita dari buku yang kamu baca atau menemukan kekurangan dari cerita tersebut, bukan berarti kamu bebas mengatakan kalau cerita itu jelek, tanpa memberikan penjelasan mengapa kamu menganggap cerita itu jelek.

Sudah selesai menulis ulasan cerita di Storial.co? Kalau sudah, waktunya kamu membagikan ulasanmu ke media sosial pribadimu dengan menyertakan link cerita yang kamu baca. Jangan lupa untuk sertakan hastag #THRStorial dan #UlasanStorial.

Selamat membaca dan mengulas cerita, Storialis!

Baca dan Ulas Cerita Apa Aja di Storial.co Bisa Dapetin #THRStorial

Membaca di bulan Ramadan memiliki segudang manfaat, selain bisa membantu kamu mengisi waktu luang saat puasa, membaca selama Ramadan juga bisa membawa berkah yang melimpah.

Apalagi kalau kamu baca cerita-cerita di Storial.co. Kamu bisa dapetin hadiah utama smartphone Xiaomi Mi A2, speaker JBL, headphone JBL T450, dan saldo Go-pay sebesar 300 ribu di tiap minggunya dari Storial. Gimana caranya?

Read More…

#NulisSukaSuka: Tulis Novel Sesuka Kamu, Berhadiah Total 15 Juta Rupiah!

Menulis selama satu bulan penuh dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi, hal ini bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Setelah sukses menyelenggarakan kompetisi #HappyGirl di bulan April, Storial dan Nulisbuku kembali mengadakan kompetisi menulis novel bertema #NulisSukaSuka. Dalam kompetisi kali ini, kamu bisa menulis apa pun yang kamu suka selama kamu menikmati proses menulis yang akan kamu lakukan.

Kalau kamu senang nulis novel fantasi? Maka, tulislah. Kalau kamu mau nulis cerita misteri dan horor? Maka, segera tulis. Kalau kamu lagi punya ide mau nulis tentang kisah percintaan yang dibumbui persahabatan? Maka, segera ikutan kompetisi #NulisSukaSuka. Read More…

Baca Cerita Premium GRATIS selama #HariBukuSedunia!

“Duhh…kelanjutan ceritanya gimana, ya?”

Pernah mengalami hal seperti itu? Tiba-tiba harus berhenti baca, padahal lagi seru-serunya baca cerita di Storial.co?

Nggak enak kan, lagi asyik baca cerita, terus terhenti gara-gara keabisan Storial Coin? Eittss… kamu nggak perlu sedih.

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April 2019 kemarin, Storial menggratiskan lima buku premium yang ada di Storial.co. Kamu bisa baca buku-buku tersebut selama 23-25 April 2019. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini, ya!

Berikut lima buku premium yang bisa kamu baca selama Hari Buku Sedunia di Storial.co.

1. Disharmoni karya Aditia Yudis

Ini kisah tentang Sani yang mencari cara agar bosnya dipecat. Jadi, dia dapat mengambil alih sekolah yang dulu didirikan ayahnya dan mengatasi keamburadulan yang muncul sejak beliau meninggal. Ular jadi pilihan Sani mengatasi masalahnya, tapi dia harus segera sebelum ular itu mematuk dirinya sendiri, lantas membuatnya kehilangan segalanya.

Apa yang terjadi, jika Sani menjadikan ular untuk mengatasi masalahnya? Apakah keinginannya untuk memecat bosnya sendiri berhasil?

Baca cerita Disharmoni di link berikut: http://bit.ly/storialdisharmoni Read More…

#KerenItuBaca: Tantangan Membaca di Angkutan Umum, Berani Jadi Keren?

Ada satu poin penting yang membuat tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan Oprah Winfrey menjadi sosok yang sukses, inspiratif dan keren di mata dunia, yaitu kebiasaan membaca mereka.

Selain mereka, contoh terdekat lainnya juga datang dari dalam negeri, yaitu bapak proklamator Republik Indonesia, Bung Hatta yang memiliki kegemaran membaca, hingga dia pernah berkata, “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena dengan buku aku bebas.”

Dari kebiasaan membaca yang mereka lakukan, mereka mampu membuktikan kesuksesan mereka. Oleh karena itu, Storial mengajak kamu untuk membagikan kegiatan membacamu di Instagram di setiap minggunya lewat gerakan #KerenItuBaca! Read More…

6 Langkah Mudah Menyelesaikan Novelmu dalam Sebulan

Sebelum memulai menulis, pertama-tama, matikan editor dalam diri kamu dan biarkan kamu menulis dengan mengalir tanpa beban. Jangan dulu pikirkan apakah ceritamu akan bagus atau tidak, karena sudah jelas draf pertama novelmu akan buruk. Itu tidak apa-apa.

Akan tetapi, kamu bisa meminimalisasi hasil akhir yang buruk itu dengan membuat rancangan novel.

1. Ubah ide cerita menjadi premis

Kamu bisa memulai dengan mencari sesuatu yang paling membuatmu gelisah. Jika kamu menulis untuk mengikuti kompetisi menulis #teenlit #HappyGirl, kamu bisa mengingat-ingat apa hal yang membuatmu paling takut, cemas, terganggu, atau gelisah saat kamu SMA.

Contohnya: apakah kamu akan lulus UN, atau apakah punya pacar akan membuatmu tidak fokus belajar, atau aku kok sejak lahir jomlo melulu, atau aku kok dibanding-bandingin terus sama saudara aku yang nilainya selalu bagus, atau kenapa sih aku dibully sama temanku? Banyak hal yang bisa kamu pikirkan untuk calon novel kamu.

Berikutnya, ubah ide itu menjadi premis. Sederhananya, premis adalah intisari novelmu hanya dalam satu kalimat. Rumusnya: Premis = tokoh utama + keinginan/tujuan + rintangan.

Contoh: Dua (Finch dan Violet) remaja berusaha bertahan hidup meskipun didera masalah psikologis (All The Bright Places). Read More…

#StorialRoadshow2019: Yuk, Ikut Workshop Menulis dan Bertemu Storial di Jogjakarta!

Hai, Storialis!

Sesuai permintaan kamu, Storial bersama Nulisbuku akan mengadakan workshop dan datang ke kota-kotamu. Akan ada 9 kota berbeda yang setiap bulannya akan kami kunjungi untuk menyapa Storialis semua.

Untuk di bulan April ini, kota pertama yang akan kami kunjungi, yaitu Jogjakarta. Kenapa Jogja? Berdasarkan hasil polling kami di semua sosial media, pilihan paling banyak jatuh pada kota gudeg ini.

Jadi, kapan Storial akan datang ke Jogja?

Storial akan ada di Jogja pada 27 April 2019 di BLOCK71 Jogja, jam 10.00-13.00 WIB. 

Di workshop kali ini, kami akan menghadirkan salah satu penulis novel Rahasia Salinem, Wisnu Suryaning Adji sebagai pembicara, yang akan membahas tentang menyusun kerangka novel. 

Acara ini gratis untuk 50 orang yang terpilih dan mendapatkan undangan dari tim Storial. Untuk bisa mendapatkan undangan dari kami, syaratnya hanya mengirimkan cerita pendek tentang “Unforgettable Moments” di kota Jogjakarta.

Hanya 50 orang dengan cerita terbaik yang akan kami undang untuk datang ke workshop ini. Apakah kamu salah satu dari 50 orang terpilih? Berani menerima tantangan ini? Yuk, mulai tulis dan #CeritainAja di Storial.co.

Sebelum mulai menulis, kamu harus pahami dan ikuti syarat utama kompetisi ini.

Syarat utama kompetisi:
  1. Wajib follow media sosial Storial dan Nulis Buku (Twitter, Instagram, Facebook)
  1. Upload cerpen ke website Storial.co

Apa saja ketentuan menulis cerpen ini?

  1. Panjang cerpen minimal 1.000 kata
  2. Kategori yang digunakan adalah Cerita Pendek
  3. Novel kamu harus bersifat orisinal dan tidak terikat dengan pihak mana pun
  4. Apabila kamu memiliki cerita pendek yang sedang ditulis di Storial dan sesuai tema ini, kamu boleh mendaftarkannya ke dalam kompetisi ini
  5. Bahasa Indonesia
  6. Boleh mengirim lebih dari 1 cerpen
  7. Tulis di kolom deskripsi buku kamu di Storial.co: Nama (boleh nama lengkap atau pena), media sosial, serta kalimat berikut “Cerpen ini ditulis dalam rangka mengikuti kompetisi untuk undangan workshop #StorialRoadshow2019”
  8. Kata kunci/label: “StorialRoadshow2019”, “Jogja”, dan judul cerpen kamu (tanpa tanda petik dan tanpa spasi)
  9. Deadline kompetisi 25 April 2018 pukul 21.00 WIB

Setiap peserta yang mengikuti kompetisi ini perlu melakukan promosi mengenai ceritamu dengan menyertakan kutipan atau link tulisan melalui media sosial yang kamu punya. Bisa Twitter, Instagram, atau Facebook (boleh pilih salah satu). Gunakan  hashtag: #StorialRoadshow2019 #StorialxJogja #KompetisiNulisStorial #CeritainAja di setiap posting-an kamu. Jangan lupa juga untuk mention/tag semua akun media sosial Storial dan Nulisbuku.

Kompetisi ini akan berlangsung mulai 10-21 April 2019 dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada 26 April 2019 di blog Storial, serta undangan yang akan kami sebar melalui email. Jadi, pastikan email kamu aktif dan kamu periksa pada tanggal tersebut.

Copyright Storial.co 2020
Shale theme by Siteturner