Kiat Mengatasi Kemacetan dalam Menyelesaikan Naskah Novel

Hai, Storialis!

Apakah kamu pernah mengalami masalah dalam menyelesaikan naskah novel kamu? Sementara kamu hanya punya waktu satu bulan untuk menyelesaikan naskahnya?

Jangan khawatir, Storialis. Dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai salah satu strategi yang bisa kamu lakukan supaya bisa mengatasi kemacetan dalam menulis, sehingga kamu bisa menyelesaikan naskah novel kamu dalam waktu cepat. Terutama buat kamu yang saat ini sedang mengikuti tantangan menulis BNNS 2018 yang diadakan Storial. Adakah diantara kalian yang mengikuti tantangan ini?

Mau tahu bagaimana cara mengatasinya? Simak terus tulisan ini, yah.

Strategi tiga kata

Dalam sebuah buku berjudul Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel karya A.S Laksana, ada satu bab yang membahas mengenai strategi tiga kata yang bisa dilakukan dalam membantu seseorang dalam menyelesaikan naskah novel.

Seperti namanya, “strategi tiga kata” ini hanya memerlukan tiga kata sebagai alat bantu kamu dalam membuat tulisan yang dapat mengalir dengan cepat.  Yang perlu kamu lakukan hanyalah menulis dengan memanfaatkan tiga kata tersebut untuk menyusun paragraf pertama.

Pertama, gunakan salah satu kata untuk mengawali tulisan kamu. Sementara dua kata lainnya bebas kamu tempatkan di mana saja. Dengan melakukan cara ini kamu akan terhindari dari pembukaan-pembukaan klise yang banyak digunakan penulis lainnya dalam menulis, seperti “Pada suatu hari…” atau “Matahari pagi mengirimkan sinarnya….” atau “Matahari begitu terik siang itu.”

Dalam menggunakan teknik ini, sebaiknya gunakan sudut pandang orang ketiga menggunakan kata “dia” atau “ia” dan bukan sudut pandang orang pertama menggunakan kata “aku”.

Mengapa hal itu perlu dilakukan?

Karena untuk menghindari tulisan kamu menjadi pidato pernyataan sikap.

Langkah berikutnya, siapkan jam untuk membatasi waktu menulis kamu. Tentukan waktu menulis secara cepat yang akan kamu lakukan. Misalnya, menulis cepat dalam waktu lima menit, sepuluh menit, atau lima belas menit. Tentukan waktu menulismu sendiri.

Jika kamu sudah menyiapkan tiga kata dan menetapkan waktu menulis, maka mulailah menulis dengan tiga kata yang sudah kamu tentukan dan selesaikan dalam waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Keajaiban otak

Mengapa menulis menggunakan tiga kata dapat membantu kamu menemukan cerita?

Sesungguhnya itulah keajaiban otak. Perangkat ajaib di kepala kita memiliki kemampuan berasosiasi. Ia bisa merangkai dan menghubungkan hal-hal atau dalam kasus ini adalah kata, yang tampaknya tidak saling berkaitan.

Misalnya saja kata panci dengan kendaraan bermotor, maka otak akan memberi tahu bahwa panci bisa digunakan sebagai helm pengaman. Kemudian, kata panci bisa dihubungkan dengan penjahat, maka otak akan memberi tahu bahwa panci bisa kamu gunakan sebagai alat untuk memukul penjahat.

Kecerdasan otak untuk berasosiasi itulah yang dirangsang oleh tiga kata yang kita pilih secara acak. Satu paragraf, selalu berisi satu pikiran utama. Ketika kamu dipaksa untuk memasukkan tiga kata acak itu dalam satu paragraf, maka kamu dipaksa untuk menggunakan tiga kata acak itu untuk menyusun kalimat-kalimat yang menopang satu pikiran utama. Dengan melakukan hal tersebut, hasilnya adalah sebuah cerita yang kamu sendiri tidak pernah menduga sebelumnya.

Setelah menyelesaikan satu halaman, biasanya kita bisa meraba ke mana arah cerita. Saat itu, kamu bisa membuat kerangka cerita untuk mendapatkan kemungkinan terbaik yang bisa kamu kembangkan dengan “benih” cerita yang sudah kamu dapatkan.

Ketika kerangka cerita kamu sudah kokoh, menulislah dengan cepat. Dengan asumsi bahwa satu halaman kamu tulis dalam waktu sepuluh menit, maka untuk satu bab novel yang panjangnya tujuh halaman, draf awal tulisan kamu akan selesai hanya dalam waktu satu jam lebih sepuluh menit.

Khawatir cerita kamu akan berantakan dengan cara menulis seperti itu?

Kamu nggak perlu khawatir, pada tahap editing, yaitu tahap selanjutnya dari proses penulisan, otak kamu akan menatanya menjadi satu cerita yang utuh. Ingatlah perangkat ajaib di kepala kamu itu memiliki kemampuan melakukan asosiasi.

Karena itulah, gunakan strategi tiga kata untuk menulis secara cepat. Menulislah seperti kamu berbicara. Hal itu dapat membantu kamu melawan kemandekan dalam menulis cerita. Jangan biarkan diri kamu tenggelam dalam upaya menulis yang tertatih-tatih. Melakukan pekerjaan secara tersendat-sendat akan membuat kamu merasa cepat lelah dan cepat bosan saat menulis.

Kamu perlu menulis cepat karen masih banyak hal yang harus kamu lakukan di luar menulis. Kamu masih perlu membaca agar pengetahuan dan kreativitas kamu tidak surut. Kamu akan mandek jika tidak mau membuka diri terhadap segala yang ada di sekitar kamu. Perkaya strategi literer kamu dengan membaca, ya, Storialis.

Ya, itu dia strategi yang bisa kamu lakukan dalam  menulis dan menyelesaikan naskah novel kamu. Semoga, tulisan ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan tantangan menulis novel BNNS 2018, yah. Tetap semangat, Storialis!

 

Pengumuman Pemenang #WriteTheFest

Terima kasih atas partisipasinya dalam kompetisi menulis novela #WiteTheFest dengan minimal target 25.000 kata.

Akhirnya, naskah Finalis #WriteTheFest, telah selesai dinilai oleh juri. Berikut hasilnya.

Continue reading “Pengumuman Pemenang #WriteTheFest”

Suka Baca? Yuk, Ikutan Tantangan Membaca Berhadiah Buku dari Storial!

Hai, Storialis!

Suka baca buku-buku di Storial? Ada kabar baik buat kamu para pembaca Storial, nih. Di bulan November ini, Storial mengadakan dan mengajak kamu buat ikutan baca cerita-cerita di Storial.

Hanya dengan membaca cerita-cerita di Storial, kamu bisa mendapatkan 1000 coin storial yang bisa kamu pakai untuk membaca cerita-cerita premium di Storial seperti, cerita Espresso karya Bernard Batubara, Toska karya Erlin NatawiriaDisharmoni karya Aditia Yudis , dan cerita premium lainnya.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan voucher buku senilai 150 ribu yang bisa kamu tukarkan untuk mendapatkan buku yang kamu mau, loh. Gimana? Kamu tertarik buat ikutan? Caranya mudah banget kok.

Continue reading “Suka Baca? Yuk, Ikutan Tantangan Membaca Berhadiah Buku dari Storial!”

Pemenang Kompetisi Menulis #KomediPolitik

Terima kasih atas partisipasimu dalam kompetisi menulis cerita bersambung #KomediPolitik, yang merupakan hasil kerjasama antara Storial, Nulisbuku, dan WebTVAsia Indonesia.

Setelah masa penjurian dan penilaian, terpilihlah satu naskah terbaik. Kompetisi #KomediPolitik ini dimenangkan oleh Andini Yudita Sari (@andiniyuditasari) dengan judul naskah “Segitiga“.

Selamat kepada pemenang!

Continue reading “Pemenang Kompetisi Menulis #KomediPolitik”

Ikuti Kompetisi Menulis #WriteTheFest dengan Total Hadiah 10 Juta Rupiah!

Hai Storialis!

Butuh pecutan untuk mengasah bakat dan kemampuan menulismu? Merindukan ritual menulis selama satu bulan dan menuntaskan cerita yang kamu tulis?

Siapkan dirimu, karena ada satu kompetisi menulis lain yang diadakan oleh Storial dan Nulisbuku!

Continue reading “Ikuti Kompetisi Menulis #WriteTheFest dengan Total Hadiah 10 Juta Rupiah!”

Pengumuman Pemenang Kompetisi Ceritain #KejutanKamu #PathDaily

Terima kasih atas partisipasinya dalam kompetisi ceritain #KejutanKamu #PathDaily.

Akhirnya, naskah #KejutanKamu yang masuk dengan jumlah lebih dari 40 naskah, telah selesai dinilai oleh juri.

Berikut hasilnya.

5 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih

No. Nama Pemenang Judul Cerita
1 Indra Purnawa Malaikat Dari Jalanan
2 Ares Reva Musinah Mencari Kematian
3 Ariestanabirah Perjamuan
4 Eva Dian Permatasari Hadiah untuk Adit
5 Liannurma Senja Pagi

Hadiah:

  1. Masing-masing pemenang mendapatkan sebuah tiket gratis senilai Rp1.000.000 untuk mengikuti Full-Day Workshop bersama Dee Lestari
  2. Masing-masing pemenang mendapatkan 100 Storial Coin untuk pembelian Bab Berbayar di Storial

Konfirmasi Pemenang:

Para pemenang yang namanya tercantum di atas harap segera melakukan konfirmasi via email ke reza@storial.co dengan subject email: “Pemenang #KejutanKamu”.

Pada badan email harap cantumkan:

  • Nama Lengkap
  • Alamat Lengkap (tempat tinggal sekarang, termasuk kode pos dan nama kecamatan)
  • Nomor HP yang dapat dihubungi
  • Scan/Photo KTP

Konfirmasi pemenang harap dilakukan sesegera mungkin. Paling lambat kami tunggu tanggal 29 Maret 2018 pukul 10.00 WIB.

Selamat kepada para pemenang!

Untuk yang belum menang, jangan kecewa yah! Semoga kalian mendapatkan kesempatan untuk menang dalam hal lain yang jauh lebih baik.

Storial.co

Ceritain Aja!

[Bagian 2] Pengumuman Pemenang Kompetisi Menulis #ALLISWELL

Terima kasih atas partisipasinya dalam kompetisi menulis #ALLISWELL.

Akhirnya, naskah #ALLISWELL yang masuk dengan jumlah lebih dari 420 naskah, telah selesai dinilai oleh juri.

Totalnya, ada 60 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih. Namun, untuk menambah rasa penasaranmu, Nama Pemenang dan Cerita Terpilih diumumkan dalam dua bagian di hari yang berbeda.

Pengumuman Pemenang Bagian 1 terbit pada Selasa, 6 Maret 2018, berisi 30 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih urutan teratas berdasarkan perolehan nilai dari para juri. Sedangkan Pengumuman Pemenang Bagian 2 terbit pada Rabu, 7 Maret 2018, berisi 30 lainnya dengan posisi perolehan nilai lebih rendah dari Cerita Terpilih yang diumumkan pada Pengumuman Pemenang Bagian 1.

Berikut hasilnya.

30 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih (urutan 31-60)

No Nama Pemenang Judul Cerita Terpilih
31 Andra Titano Busra Ketika Musim Dingin Pergi Kita pun Tiada
32 #bungaanwar Kedai Kopi BREWOK
33 Balter186 Melawan Paranoid
34 Fifittov BERLARI KE MARWA
35 Elbaliem Antena Menuju Surga
36 Deyanggi Bhi La Isla de Los Alcatraces
37 Yoga Palwaguna SILLIM DONG BUTTERFLY
38 Aziz Amirudin Di Beranda
39 triskaidekaman Tukar Rumah
40 willy akhdes Lelaki Tanpa Bayangan
41 Andriyana Kata Hidup di Antara Kita
42 Gitareja Astrid Si Anak Naga yang Bertemu Alien
43 Putri Sara DAYS AFTER HIM
44 Aretha Di Bawah Langit Senja
45 Deyanggi Bhi Skrik
46 Erika Dp Negeri Kebalikan
47 Hasdevi Dradjat Rezeki yang Tidak Tertukar
48 johanesjonaz Warung Pak Sukir
49 aditia Penonton
50 Lukiarti W Kupu Kupu Malang
51 Ezzy Ramadhina See Ya
52 Shin Elqi Pencurian Sepeda
53 Sharon Pelajaran Berharga
54 Sango Dango Impian Manusia Sempurna
55 Eviyanti Sari Dunia tanpa Air Mata
56 Melisa Untukmu yang Kupanggil Ibu Walaupun Asalku Bukan dari Rahimmu
57 Ayu Sundari Lestari Tanda Seru Setelah Tanda Tanya
58 Aska Key (name pen) Pemeran Utama 1
59 Zakiyya Azizah Jam Dinding Rumahmu
60 Kari Ayam Special Gadis dan Perang

Hadiah: Masing-masing pemenang mendapatkan sebuah tiket gratis senilai Rp1.000.000 untuk mengikuti Full-Day Workshop bersama Dee Lestari

Konfirmasi Pemenang:

Para pemenang yang namanya tercantum di atas harap segera melakukan konfirmasi via email ke reza@storial.co dengan subject email: “Pemenang #ALLISWELL”.

Pada badan email harap cantumkan:

  • Nama Lengkap
  • Alamat Lengkap (tempat tinggal sekarang, termasuk kode pos dan nama kecamatan)
  • Nomor HP yang dapat dihubungi
  • Scan/Photo KTP

Konfirmasi pemenang harap dilakukan sesegera mungkin. Paling lambat kami tunggu tanggal 14 Maret 2018 pukul 10.00 WIB.

Selamat kepada para pemenang!

Untuk yang belum menang, jangan kecewa yah! Semoga kalian mendapatkan kesempatan untuk menang dalam hal lain yang jauh lebih baik.

Storial.co

Ceritain Aja!

[Bagian 1] Pengumuman Pemenang Kompetisi Menulis #ALLISWELL

Terima kasih atas partisipasinya dalam kompetisi menulis #ALLISWELL.

Akhirnya, naskah #ALLISWELL yang masuk dengan jumlah lebih dari 420 naskah, telah selesai dinilai oleh juri.

Totalnya, ada 60 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih. Namun, untuk menambah rasa penasaranmu, Nama Pemenang dan Cerita Terpilih diumumkan dalam dua bagian di hari yang berbeda.

Pengumuman Pemenang Bagian 1 terbit pada Selasa, 6 Maret 2018, berisi 30 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih urutan teratas berdasarkan perolehan nilai dari para juri. Sedangkan Pengumuman Pemenang Bagian 2 terbit pada Rabu, 7 Maret 2018, berisi 30 lainnya dengan posisi perolehan nilai lebih rendah dari Cerita Terpilih yang diumumkan pada Pengumuman Pemenang Bagian 1.

Berikut hasilnya.

30 Nama Pemenang dan Judul Cerita Terpilih (urutan 1-30)

No Nama Pemenang Judul Cerita Terpilih
1 Ratri Dwi Kayungyun Tuhan Tak Salah Berencana
2 Cahya Haniva X Lelananging Jagad
3 Nux How To Build A Home
4 Xfile Edt Pulang Bersama Gadis Cantik Otaku
5 Rere Janin
6 Alhzeta Menunggu Senja
7 Ajun Nimbara LAMPU STROBO
8 Abi Ardianda Bola Mata Warna Merah Jambu
9 sonny rakhmadi Museum All is Well
10 Nam LELAKI YANG BELUM PERNAH BERCIUMAN
11 Maialainn I am Okay
12 Erwina Ermawati Keajaiban
13 N. Eka P. Marlla
14 Mesa Gustya Siti Ulfiana Mengingat Pak Tua
15 πορφύρα (@sampahsejarah) Roh Kebebasan
16 Rosediana Tantangan Maneken
17 Esti Setyowati Duta Wega
18 Arini Rachmatika Gusar Mama
19 Oktabri Erwandra C AND U
20 Tubagus Septian Apakah Itik Masih Buruk Rupa
21 Aga Ridwan Nugraha Permana Life Keeps On Turning
22 Af Mencoba
23 Novia Ayu Citra Fadina Juwita Malam
24 Noma White Lies
25 Pratiwi Mayasari Rebellious
26 Dian Ayu Fuji Lestari Lelaki Terakhir Mama
27 Anggit Febrianto Pria Tua Renta
28 Teguh Dewangga Bentara Bumi yang Direngkuh Retis Hujan
29 Rahma Sulistya Pembunuhan Peringatan
30 Siti Yulianingsih Kaki Gunung Prau

Hadiah: Masing-masing pemenang mendapatkan sebuah tiket gratis senilai Rp1.000.000 untuk mengikuti Full-Day Workshop bersama Dee Lestari

Konfirmasi Pemenang:

Para pemenang yang namanya tercantum di atas harap segera melakukan konfirmasi via email ke reza@storial.co dengan subject email: “Pemenang #ALLISWELL”.

Pada badan email harap cantumkan:

  • Nama Lengkap
  • Alamat Lengkap (tempat tinggal sekarang, termasuk kode pos dan nama kecamatan)
  • Nomor HP yang dapat dihubungi
  • Scan/Photo KTP

Konfirmasi pemenang harap dilakukan sesegera mungkin. Paling lambat kami tunggu tanggal 13 Maret 2018 pukul 10.00 WIB.

Selamat kepada para pemenang!

Untuk yang belum menang, jangan kecewa yah! Semoga kalian mendapatkan kesempatan untuk menang dalam hal lain yang jauh lebih baik.

Storial.co

Ceritain Aja!