Tiga Cara Menulis #UlasanStorial Buat Dapetin #THRStorial

Mau dapetin #THRStorial dengan nulis ulasan di Storial.co? Tapi, bingung gimana cara nulis ulasan yang baik? Simak tiga cara menulis ulasan di Storial.co supaya kamu bisa dapetin #THRStorial.

1. Pilih cerita yang kamu suka

Sebelum membuat ulasan, kamu pilih cerita yang mau kamu baca. Pastikan sebelum membaca, cari cerita yang bikin kamu penasaran dan kamu suka, sehingga kamu bisa membaca hingga selesai. Jangan memaksakan diri kamu untuk mengulas cerita yang nggak bisa kamu nikmati saat membaca. Membaca cerita yang nggak kamu senangi akan membuat kamu lama ketika menyelesaikan ceritamu.

2. Mulai mengulas

Mulailah mengulas cerita yang kamu baca. Apa saja yang bisa kamu ulas? Kamu bisa mulai dengan menulis bagian yang kamu suka dan alasan logis mengapa kamu menyukai cerita tersebut.

Selain menulis hal yang kamu suka, kamu juga bisa menulis kekurangan atau hal yang tidak kamu suka dari cerita tersebut. Jika kamu tidak menemukan kekurang dari buku tersebut, bukan berarti kamu harus mencari-cari kesalahan agar cerita yang kamu baca memiliki kekurangan.

Ketika menulis ulasan, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan seperti tema cerita, penokohan, alur cerita, konflik, gaya penceritaan, pemilihan diksi, sudut pandang, hingga latar cerita. Kamu bisa jadikan hal tersebut dalam menilai kelebihaan atau kekurangan cerita yang kamu baca.

3. Gunakan gaya bahasa sendiri

Ketika membuat ulasan, gunakanlah gaya bahasamu sendiri agar mudah dipahami pembaca. Usahakan ketika membuat ulasan gunakan kata-kata yang sopan.

Kalau kamu tidak menyukai cerita dari buku yang kamu baca atau menemukan kekurangan dari cerita tersebut, bukan berarti kamu bebas mengatakan kalau cerita itu jelek, tanpa memberikan penjelasan mengapa kamu menganggap cerita itu jelek.

Sudah selesai menulis ulasan cerita di Storial.co? Kalau sudah, waktunya kamu membagikan ulasanmu ke media sosial pribadimu dengan menyertakan link cerita yang kamu baca. Jangan lupa untuk sertakan hastag #THRStorial dan #UlasanStorial.

Selamat membaca dan mengulas cerita, Storialis!

Baca dan Ulas Cerita Apa Aja di Storial.co Bisa Dapetin #THRStorial

Membaca di bulan Ramadan memiliki segudang manfaat, selain bisa membantu kamu mengisi waktu luang saat puasa, membaca selama Ramadan juga bisa membawa berkah yang melimpah.

Apalagi kalau kamu baca cerita-cerita di Storial.co. Kamu bisa dapetin hadiah utama smartphone Xiaomi Mi A2, speaker JBL, headphone JBL T450, dan saldo Go-pay sebesar 300 ribu di tiap minggunya dari Storial. Gimana caranya?

Continue reading “Baca dan Ulas Cerita Apa Aja di Storial.co Bisa Dapetin #THRStorial”

Berburu Pahala dan Hadiah dengan Ikutan #30HariTebarKebaikan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan ajang bagi setiap orang untuk berburu pahala sebanyak-banyaknya. Untuk bisa meraih semua itu, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, selain menjalankan puasa selama satu bulan penuh dan melaksanakan ibadah lainnya, yaitu dengan membaca buku dan ikutan #30HariTebarKebaikan lewat buku-buku yang kamu baca.

Siapa bilang, kalau baca hanya menguntungkan diri sendiri?

Dengan membaca dan ikutan #30HariTebarKebaikan ini, kamu bisa membuktikan kalau membaca nggak cuma membawa kebaikan  untuk diri sendiri, tapi juga orang lain.

Gimana caranya? Simak tulisan berikut ini! Continue reading “Berburu Pahala dan Hadiah dengan Ikutan #30HariTebarKebaikan di Bulan Ramadan”

#NulisSukaSuka: Tulis Novel Sesuka Kamu, Berhadiah Total 15 Juta Rupiah!

Menulis selama satu bulan penuh dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi, hal ini bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Setelah sukses menyelenggarakan kompetisi #HappyGirl di bulan April, Storial dan Nulisbuku kembali mengadakan kompetisi menulis novel bertema #NulisSukaSuka. Dalam kompetisi kali ini, kamu bisa menulis apa pun yang kamu suka selama kamu menikmati proses menulis yang akan kamu lakukan.

Kalau kamu senang nulis novel fantasi? Maka, tulislah. Kalau kamu mau nulis cerita misteri dan horor? Maka, segera tulis. Kalau kamu lagi punya ide mau nulis tentang kisah percintaan yang dibumbui persahabatan? Maka, segera ikutan kompetisi #NulisSukaSuka. Continue reading “#NulisSukaSuka: Tulis Novel Sesuka Kamu, Berhadiah Total 15 Juta Rupiah!”

Baca Cerita Premium GRATIS selama #HariBukuSedunia!

“Duhh…kelanjutan ceritanya gimana, ya?”

Pernah mengalami hal seperti itu? Tiba-tiba harus berhenti baca, padahal lagi seru-serunya baca cerita di Storial.co?

Nggak enak kan, lagi asyik baca cerita, terus terhenti gara-gara keabisan Storial Coin? Eittss… kamu nggak perlu sedih.

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April 2019 kemarin, Storial menggratiskan lima buku premium yang ada di Storial.co. Kamu bisa baca buku-buku tersebut selama 23-25 April 2019. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini, ya!

Berikut lima buku premium yang bisa kamu baca selama Hari Buku Sedunia di Storial.co.

1. Disharmoni karya Aditia Yudis

Ini kisah tentang Sani yang mencari cara agar bosnya dipecat. Jadi, dia dapat mengambil alih sekolah yang dulu didirikan ayahnya dan mengatasi keamburadulan yang muncul sejak beliau meninggal. Ular jadi pilihan Sani mengatasi masalahnya, tapi dia harus segera sebelum ular itu mematuk dirinya sendiri, lantas membuatnya kehilangan segalanya.

Apa yang terjadi, jika Sani menjadikan ular untuk mengatasi masalahnya? Apakah keinginannya untuk memecat bosnya sendiri berhasil?

Baca cerita Disharmoni di link berikut: http://bit.ly/storialdisharmoni Continue reading “Baca Cerita Premium GRATIS selama #HariBukuSedunia!”

#KerenItuBaca: Tantangan Membaca di Angkutan Umum, Berani Jadi Keren?

Ada satu poin penting yang membuat tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan Oprah Winfrey menjadi sosok yang sukses, inspiratif dan keren di mata dunia, yaitu kebiasaan membaca mereka.

Selain mereka, contoh terdekat lainnya juga datang dari dalam negeri, yaitu bapak proklamator Republik Indonesia, Bung Hatta yang memiliki kegemaran membaca, hingga dia pernah berkata, “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena dengan buku aku bebas.”

Dari kebiasaan membaca yang mereka lakukan, mereka mampu membuktikan kesuksesan mereka. Oleh karena itu, Storial mengajak kamu untuk membagikan kegiatan membacamu di Instagram di setiap minggunya lewat gerakan #KerenItuBaca! Continue reading “#KerenItuBaca: Tantangan Membaca di Angkutan Umum, Berani Jadi Keren?”

Storial.co is Hiring Product Marketing Manager

Storial.co is social storytelling platform that allows writer to do direct publishing of their stories, get direct feedback from readers and do direct monetization through premium chapter. Readers have the benefit of reading more than 80,000 free chapters in 40 different genres. Product Marketing is crucial for our company’s growth. You will be given an exclusive opportunity in data-driven marketing including developing growth strategy, marketing optimization and executing it. Continue reading “Storial.co is Hiring Product Marketing Manager”

Storial.co is Hiring Community Manager

Storial.co is social storytelling platform that allows writer to do direct publishing of their stories, get direct feedback from readers and do direct monetization through premium chapter. Readers have the benefit of reading more than 80,000 free chapters in 40 different genres. Community Manager is crucial to help us nurture our writers and readers community.   Continue reading “Storial.co is Hiring Community Manager”

Storial.co is Hiring Media Planner

Storial.co is social storytelling platform that allows writer to do direct publishing of their stories, get direct feedback from readers and do direct monetization through premium chapter. Readers have the benefit of reading more than 80,000 free chapters in 40 different genres. Media planning is crucial for boosting our company’s growth.   Continue reading “Storial.co is Hiring Media Planner”

6 Langkah Mudah Menyelesaikan Novelmu dalam Sebulan

Sebelum memulai menulis, pertama-tama, matikan editor dalam diri kamu dan biarkan kamu menulis dengan mengalir tanpa beban. Jangan dulu pikirkan apakah ceritamu akan bagus atau tidak, karena sudah jelas draf pertama novelmu akan buruk. Itu tidak apa-apa.

Akan tetapi, kamu bisa meminimalisasi hasil akhir yang buruk itu dengan membuat rancangan novel.

1. Ubah ide cerita menjadi premis

Kamu bisa memulai dengan mencari sesuatu yang paling membuatmu gelisah. Jika kamu menulis untuk mengikuti kompetisi menulis #teenlit #HappyGirl, kamu bisa mengingat-ingat apa hal yang membuatmu paling takut, cemas, terganggu, atau gelisah saat kamu SMA.

Contohnya: apakah kamu akan lulus UN, atau apakah punya pacar akan membuatmu tidak fokus belajar, atau aku kok sejak lahir jomlo melulu, atau aku kok dibanding-bandingin terus sama saudara aku yang nilainya selalu bagus, atau kenapa sih aku dibully sama temanku? Banyak hal yang bisa kamu pikirkan untuk calon novel kamu.

Berikutnya, ubah ide itu menjadi premis. Sederhananya, premis adalah intisari novelmu hanya dalam satu kalimat. Rumusnya: Premis = tokoh utama + keinginan/tujuan + rintangan.

Contoh: Dua (Finch dan Violet) remaja berusaha bertahan hidup meskipun didera masalah psikologis (All The Bright Places). Continue reading “6 Langkah Mudah Menyelesaikan Novelmu dalam Sebulan”